Pengalamanku di dunia marketing.MATA**M GROUP PENIPU ????

 Hello everyone kali ini aku akan menulis tenatang pengalamanku di dunia marketing yang nggak lama hahaha.yah cerita awalnya adalah ketika aku bekerja di jakarta selatan sebagai waiteress di sebuah restoran sushi.

  Waktu kerja menjadi waiteress aku sebenarnya nggak betah karena gaji dibawah manusiawi -,- dengan gaji 1,1 jt dan hidup di jakarta ? :( aku rasa aku nggak bisa.Nah dari wacana aku nggak betah jadi waiteress lalu aku mencari informasi tentang lowongan pekerjaan baru.
nggak lama setelah aku nyari ketemulah open recruitment initial pramugari citilik hahaha aku langsung interest nah setelah tau info ini aku whatsapp kakakku yang bekerja di bandara mau minjem properti buat walk interview.

 Setelah pulang kerja aku langsung cuss ke tangerang naik krl dari tebet.dan di jam 9 aku baru sampai di stasiun tangerang nah pas di stasiun inilah aku ketemu sama mbak-mbak unicef.
mbak-mbak ini nyapa "hai kak boleh minta waktunya sebentar,cuma 2 menit aja untuk memberikan dukungan kepada anak-anak indonesa" karena aku suka dengan kegiatan sosial maka aku berhenti dan membubuhkan tanda tangan untuk berpartisipasi,setelah itu aku di tanyain umur berapa? kulaih atau kerja?
kutipan percakapan singkat
Mbak marketing :"kakak kuliah atau kerja"
Aku                     :"aku kerja mbak"
Mbak marketing :"kerja dimana kalau boleh tau ?"
Aku                     :"kerja di restoran sushi xx  tapi mau resign"
Mbak marketing :"Kebetulan sekali,perusahaan kami sedang membuka lowonga pekerjaan di bagian                                 marketing,apakah kakak tertarik?"
yah aku jelas tertarik karena di fikiranku  mungkin ini lebih baik daripada yang sekarang aku jalani.lalu mbak marketing itu ngasih alamat sama persyaratan yang di bawa saat melamar pekerjaan.
aku sontak langsung bahagia bersorak sorai akhirnya akan mendapatkan pekerjaan baru.

 Esoknya aku menyiapkan beberapa dokumen yang harus dibawa saat melamar sekaligus interview
Berangkatnya penuh perjuangan :( aku kehujanan waktu mau berangkat ke kantornya dan alhasil aku terlambat untuk interview dan untungnya mbak hrdnya ngasih kesempatan aku untuk interview.
Setelah ditanya kesana kemari akhirnya si mbaknya bilang "sesi interview 1 sudah selesai nanti akan di hubungi lagi jika anda lolos ke tahap 2".setelah itu berakhir ada sesi penjelasan tentang management perusahaan.
akhirnya aku pulang lagi ke tebet naik krl dari stasiun rawa buntu (sebelumnya aku turun di stasiun serpong ) sampai di rumah aku menerima pesan "selamat anda lolos interview tahap 2" lanjutannya lupa hahaha pokoknya 2 hari setelah sms itu aku berangkat lagi untuk interview tahap 2.
 
 Sialnya pagi-pagi waktu mau berangkat tebet dilanda banjirrrrrrrrrrrrrrrr :( alhasil aku pakai baju ala kadarnya dulu untuk menerjang banjir.Setelah menerjang banjir dan hujan yang melanda dari jakarta hingga ke serpong akhirnya aku sampai di kawaasan wisma sehati bsd.dan aku ganti pakaian di salah satu toko perlengkapan rumah :( (malu sama penjaga tokonya) dan akhirnya aku berjalan kaki menuju ke kantor MATARAM GROUP yang berjarak 2 blok dari toko perlengkapan tadi.
 
 Sesampainya disana ternyata sudah banyak orang menunggu untuk interview tahap 2 ada sekitar 4/6 orang yang mengikuti interview.
setelah verifikasi data dan mengisi form dari perusahaan aku menjalani interview bersama 2 orang lainnya.
yang nterview aku di tahap ke2 ini cewek hehe cantik,tinggi,professional dan judes pastinya haha
ditanyain tentang jati diri,pengalaman,latar belakang dan setelah semua interview selesai semua keluar dan menunggu di ruang depan.

 Semua selaesai menjalani interview dan sekarang sesi pengenalan kantor dan management kantor.disini yang menjadi pembicara yaitu pak andrew dia ngejelsin semua dari A-Z tentang perusahaan dan managementnya.pak andrew ini sudah punya perusahaan sendiri.
jam 12.00 kami (para calon pekerja) suruh makan siang haha dan aku kaget makan siangnya dari solaria (this first time i eat solaria food) selepas menikmati makanan di solaria kami diajak ke lantai 3 (kayak tempat refresh gitu) di lantai 3 ini ada billyard dan juga kitchen bar untuk karyawan.waktu itu aku excited banget karena dapat fasilitas semua ini.

 Aku ngobrol-ngobrol dan bercanda dengan para karyawan disini overall semua karyawan disini friendly dan juga asik.akhirnya aku merasa "this is my way" ahahaha
selepas dari lantai 3 kami turun ke lantai  2 untuk menlanjutkan sesi informasi (aku lupa nama sesinya apa)
 Disini dijelaskan bahwa job desk kita adalah direct marketing (face to face) dan produk yang akan kita pasarkan yaitu produk sosial (UNICEF,WWF,YJI,dll) aku excited karena ada lembaga dunia yang bergabung di perusahaan ini.Disini tidak ada fix income :( awalnya aku kecewa tetapi di jelaskan lagi sistemnya.
Kita harus mendapatkan 2 customer untuk 1 hari kerja,jika kita mendapat 2 customer maka kita bisa mendapatkan sekitar 200.000 ribuan.sontak aku langsung tergiur dan ngebayangin jika 200.000 x 5 hari kerja 1.000.000 dan sbeulan aku mendapatkan 4.000.000 :O diatas umr!!!
 Selain dari sales yang kita dapatkan kita juga bisa menerima management income (bonus) tapi kita harus cari orang dulu untuk kita training.
setelah menjelaskan tentang management kita menandatangani agreement (bukan kontrak)

 Aku juga menjalani training selama 8 hari untuk menjadi leader (biar bisa training orang lain) jika 8 hari aku berhasil mendapat 5 sales maka  aku mendapat bonus 600.00.
Di hari pertama kerja aku ketemu sama mbak-mbak yang ada di stasiun (dia yang jadi leaderku) dan bakal training aku.
Pagi-pagi kita mengumandangkan yel-yel dan motivasi-motivasi dari pak kobul.seru,asik,gembira,ceria,semangatttttttt itulah gambaran saat pagi hari di kantor mataram group
setelah yel-yel dan sebagainya aku di diberi wejangan-wejangan motivasi dari kak kevin tentang first day on the field dan first day impact oleh leaderku.
setelah motivasi dan first day impact semua karyawan berkumpul lagi untuk mendapatkan field (tempat kerja) nah field disini ada 3 yaitu :

  1. EVENT (Di mall-mall atau swalayan)
  2. STREET (di jalanan) kita bisa menentukan sendiri tempatnya
  3. RESIDENSIAL (dari rumah ke rumah)
dari ketiga field diatas residensial memiliki point (pendapatan yang tinggi) 1 customer bisa sampai 250,000.Di first day on the field aku mendapatkan EVENT di Gramedia teras kota.
Disini aku mengamati cara presentasi leaderku mulai dari opening,presentasi,closing.
alhamdulillahnya di first day on the field aku memperoleh 1 donatur dengan sekali presentasi.
FIRST DAY (1) aku seneng banget dan nggak ngerasa capek.
aku lupa hari ke 2-8 field dimana.pokonya dalam 8 hari aku hanya bisa mendapatkan 4 sales (dapat bonus 400 dari kantor)

Di hari jum'at ada BOM (Bussines opportunity meeting
Ada beberapa tingkatan karir disini

  1. TEAM LEADER
  2. SENIOR TEAM LEADER
  3. ASISTEN OWNER
  4. OWNER PARTNER
  5. OWNER
Di setiap path carrer diatas ada persyaratan yang harus dipenuhi danjuga ada bonus-bonus lain (pastinya menggiurkan)

Aku hanya bekerja 1,5 bulan disini kalo nggak salah.karena sales ku nggak bagus dan aku membutuhkan fix income.
Aku baca review-review negatif tentang perusahaan mataram group,RC Corp,Jetmark,North kingdom,
Aku nggak tau management perusahaan yang tersebut diatas baik/jelek.banyak review yang mengatakan karo perusahaan diatas adalah perusahaan penipu but di setiap tempat kerja pasti ada enak dan enggaknya.
selama di mataram group aku ambil positifnya aku belajar banyak hal disana mulai dari work etic,time management,strong communication,team work,about sales.

overall aku nggak ngerasa tertipu atau gimana,karena aku juga dapet benefit dari perusahaan ini.

   

          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All you can eat di bandung ??? JIGANASUKI